Minggu, 09 Agustus 2009

Mengapa Hidup Ini siklus yg tiada henti?

Salomo adalah seroang Raja di Yerusalem yang sangat terkenal pada masanya, Raja ini tidak hanya mempunyai harta yg sangat banyak, tapi juga mempunyai hikmat, kepintaran & kebijakannya yg luar biasa. Beliau bicara tentang kesia-siaan hidup yg banyak dilakukan sebagian besar orang. " Apa gunanya manusia berusaha dengan jerih payah dibawah matahari, Generasi pertama habis dan generasi selanjutnya lahir, tetapi bumi tetap ada. Matahari terbit, terbenam lalu terbit kembali. Semua sungai megalir ke laut, tetapi laut tidak menjadi penuh,"

Dalam blognya ( kalo istilah kerennya =p ), Ia merasa segala sesuatu berputar-putar dan mengarah kepada kesia-siaan semata. Seringkali kita merasakan hal yang sama, kan? Pagi menjadi malam, malam menjadi pagi lagi, matahari terbit terbenam, bekerja, liburan, lalu bekerja lagi. semua itu bagikan siklus yg terus menerus berputar.

Yang terjadi adalah kita merasa kejenuhan yg luar biasa, karena kita merasa hidup hanya begitu-begitu saja, kita juga seringkali menjadi seperti robot karena terus-menerus melakukan hal yg sama, saya pernah punya pengalaman ketika masih kuliah dulu, waktu saya pulang dr kampus, saya kembali ke rumah saya yg sudah saya tidak tinggali lagi, sampai dirumah itu saya baru sadar kalau saya sudah pindah rumah, sanking selama bertahun-tahun saya melakukan hal yg sama terus-menerus, melewati jalan yg sama terus-menerus,makan, minum di tempat yg sama terus menerus dll, tetapi mungkin yang harus dipertanyakan adalah mengapa sepertinya ada sistem siklus di dunia ini?
setidaknya ada beberapa hal yg bisa kita ambil hikmahnya:
1. Tuhan ingin kita belajar & bertumbuh dalam pengenalan yg semakin baik akan Dia. Dengan adanya siklus ini, kita bisa mendapatkan suatu pola dr kehidupan ini, dimana melalui pola ini kita bisa belajar tentang kehidupan dan bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan, ingat peribahasa alah bisa karena biasa, dlm hal inilah kita akan menyadari seberapa pentingnya suatu siklus yg terus menerus dalam kehidupan kita dalam mencapai keberhasilan dalam kehidupan di segala aspek.
2. Tuhan ingin kita mengenal jalanNya, ilustrasi yg tepat ini adalah seperti saat kita membuka tutup botol. Jika kita memutar tutup botol dengan cara & arah yg benar, maka suatu saat tutup botol itupun akan terbuka, tetapi kalau kita salah arah, maka tutup tersebut tidak akan pernah terbuka. Begitu juga dengan kehidupan kita, meskipun seolah-olah berputar-putar, tetapi kalau kita berputar pada arah yang sesuai jalanNya, maka suatu saat pasti akan terjadi breakthrough( terobosan ) dalam kehidupan kita
3. Tuhan ingin kita menikmati proses yang terjadi yg kita jalani tanpa takut gagal atau takut salah, karena selama matahari masih terbit, bumi masih terbit selalu ada kesempatan kedua
4. Tuhan ingin kita belajar untuk membuat prioritas, banyak hal yg datang dan pergi dalam kehidupan kita, sehingga semuanya itu seolah-olah bertumpuk pada kehidupan kita, tetapi tidak semua hal itu penting dan berguna, dengan siklus ini kita belajar untuk memberikan prioritas mana yg lebih penting mana yg kurang penting&mana yg sama sekali tidak penting
5. Tuhan ingin membuat kita menjadi Master di bidang kita masing-masing, coba kita renungkan kalau hidup ini tidak dalam suatu siklus, tapi linier atau lurus, yang kita temui pastilah hal-hal yg baru terus menerus. Contohnya hari ini saya membuka bisnis di bidang ayam goreng, minggu depannya saya menekuni bisnis di bidang soto madura, minggu depannya lagi saya menekuni bisnis di bidang Hamburger, saya tidak akan pernah punya kesempatan belajar dengan benar & berhasil, karena tidak pernah fokus&konsisten menekuni hal yg sama, tidak punya cukup waktu pula untuk melakukan kesalahan dan belajar dr kesalahan itu, ingat dalam setiap profesi tidak ada seorangpun yg menjadi Master hanya dari sekali melakukannya, Muhammad Ali tidak akan menjadi seorang petinju legendaris dengan rekor 105menang dan 5kali kalah, kalau tidak berlatih berjam-jam, konsisten dan terus menerus, Donald Trumph tidak akan menjadi seorang milyuner yg ahli dalam bernegosiasi kalau hanya melakukan sekali saja negosiasi seumur hidupnya, David Beckham tidak akan menjadi seorang ahli dalam melakukan free kick, kalau tidak melakukan latihan free kick berulang-ulang dengan kesulitan yg semakin sulit, Beckham melakukannya dengan tingkat kesulitan yg sangat tinggi bahkan salah satu latihannya adalah memasukkan bola ke dalam ban mobil yg digantungkan, tidak terbayang berapa kali kegagalan yg dialami sebelum dia berhasil, dalam hal ini kita belajar bahwa, Pengulangan adalah sesuatu yg membawa keberhasilan, karena kita belajar melakukan hal yg sama berulang-ulang, belajar dari kesalahan dan memperbaikinya, dan setelah kita menjadi MAster kita bisa membagikan keahlian kita kepada orang lain, sehingga membawa berkat kepada orang-orang disekitar kita.

Maka muali hari ini, nikmati hidup ini, nikmati prosesnya, jangan bersungut-sungut dan teruslah bersyukur, Maka kita akan melihat betapa indahnya Hidup Ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar